10 Falsafah PSHT yang Jadi Pegangan bagi Para Anggota

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), sebuah organisasi asal Madiun yang berakar kuat di berbagai wilayah Nusantara, bukan hanya belajar tentang pencak silat. Mereka juga dibekali dengan falsafah falsafah PSHT yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah 10 falsafah psht yang sarat akan makna:

  1. "Memayu hayuning bawana, ambrasta dur hangkara": Mendorong keselamatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan serta menghindari sifat angkara murka, serakah, dan tamak.
  2. "Sephiro Gedhening Sengsoro Yen Tinompo Amung Dadi Coba": Mengajarkan bahwa penderitaan akan menjadi cobaan jika diterima dengan hati yang ikhlas.
  3. "Olo Tanpo Rupo Yen Tumandhang Amung Sedelok": Menekankan bahwa kesulitan, keburukan, dan masalah akan terasa ringan jika dijalani dengan sukacita.
  4. "Tega Larane, Ora Tego Patine": Mengajarkan keberanian untuk menyakiti seseorang hanya jika itu dilakukan untuk memperbaiki, bukan merusak.
  5. "Sak Apik-apike Wong Yen Aweh Pitulung Kanthi Cara Dedhemitan": Mendorong untuk memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi.
  6. "Suro Diro Joyo Diningrat Lebur Dening Pangastuti": Mengingatkan bahwa kesempurnaan hidup dapat diluluhkan dengan budi pekerti yang baik.
  7. "Satria Ingkang Pilih Tanding": Mengajarkan untuk hanya melawan mereka yang sepadan, bukan yang lebih lemah.
  8. "Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake": Mendorong keberanian tanpa membutuhkan dukungan dan kemampuan untuk menang tanpa merendahkan lawan.
  9. "Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan": Mendorong untuk tidak terlalu sedih saat menghadapi musibah atau kehilangan.
  10. "Ojo Seneng Gawe Susahe Liyan, Opo Alane Gawe Seneng Liyan": Mengingatkan untuk tidak menyebabkan penderitaan pada orang lain dan sebaliknya, memberi kebahagiaan.
Artikel terkait
Dan masih banyak lagi falsafah PSHT lainnya yang merupakan pedoman bagi para anggotanya. Semua falsafah ini merangkum nilai-nilai kebijaksanaan dan kebaikan yang mereka junjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
10 Falsafah PSHT yang Jadi Pegangan bagi Para Anggota
10 Falsafah PSHT yang Jadi Pegangan bagi Para Anggota


Comments

Paling Banyak Dicari

PEPACUH ATAU HAL HAL YANG DI LARANG BAGI SETIAP ANGGOTA PSHT

KENAPA PSHT PAKAI MORI SABUK KAIN KAFAN / MORI PSHT

15 Manfaat Rahasia Ilmu Pernafasan PSHT: Menggali Kekuatan Dalam Bernafas

Menguatkan Rasa Cinta Alam melalui Pendadaran Calon Warga PSHT

LATIHAN PERNAFASAN UNTUK PENYEMBUHAN

PANDUAN DAN PEDOMAN PEMBERITAAN MEDIA SIBER ATAU ONLINE

Perjalanan Transformasi PSHT Taman Rahayu: Dari Tantangan Menuju Kesuksesan part 7

Perbedaan dan Persamaan antara PSHT dan PSHT Pusat Madiun

Pencak Silat PSHT di SMP Negeri 31 Kota Bekasi: Merajut Masa Depan Melalui Seni Bela Diri

SEJARAH PSHT PART 1