Hakikat makna persaudaraan

Hakikat Persaudaraan sejati adalah suatu jalinan Persaudaraan yang dipenuhi dengan rasa asah, asih, dan asuh, yakni Persaudaraan yang tulus dengan didasari rasa saling sayang menyayangi, hormat menghormati dan saling bertanggungjawab. Persaudaraan di Setia Hati Terate adalah Persaudaraan yang tidak memandang siapa aku dan siapa kamu, dan tidak pula dilandasi dengan hal yang bersifat keduniawian seperti drajat, pangkat, dan kedudukan, juga bukan pula Persaudaraan yang dibatasi dengan suku, ras, agama dan antar golongan.
          Maka, selayaknya kita Warga Setia Hati Terate sebagai generasi penerus menghaturkan banyak terimakasih kepada perintis, pendiri dan Tokoh Setia Hati Terate yang telah bersusah payah membimbing dan mengenalkan kita pada ajaran budi pekerti luhur tahu benar dan salah, ber-iman dan ber-taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana tujuan dari ajaran Setia Hati Terate.
Sebagaimana yang selalu disampaikan Kangmas Tarmadji Boedi Harsono , bahwa salah satu tujuan Setia Hati Terate adalah "membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah. Ber-iman dan ber-taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam jalinan persaudaraan yang kekal abadi melalui pelajaran Pencak Silat".
            Persaudaraan yang diyakini dan dianut oleh Setia Hati Terate adalah Persaudaraan yang tulus dengan didasari rasa saling sayang-menyayangi, hormat-menghormati dan bertanggungjawab. Persaudaraan yang tidak memandang siapa aku dan siapa kamu, tidak dilandasi dengan sesuatu yang bersifat keduniawian (derajat, pangkat dan martabat), juga bukan persaudaraan yang dibatasi dengan suku, ras, agama dan antar golongan.
          Maknanya, persaudaraan yang dianut Setia Hati Terate adalah sebuah jalinan persaudaraan yang seutuhnya. Sebab Setia Hati Terate meyakini, bahwa semua manusia yang ada dimuka bumi ini pada dasarnya sama. Titah sakwantah, makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Dihadapan Allah Swt, yang dinilai adalah kadar iman dan ketaqwaannya.
          Menyadari hakikat persaudaraan sedemikian itu, maka tugas dan kewajiban kita yang utama adalah menjaga persaudaraan yang telah kita yakini ini demi terwujudnya kedamaian dan kelestarian dunia yakni Memayu Hayuning Bawono.
          Tugas kita sebagai Warga Setia Hati Terate yang berikutnya adalah mengemban dharma dan amanat budi luhur, sekalipun kita sadari bahwa masih jauh dari kesempurnaan. Sebab, nilai-nilai kesempurnaan itu mutlak milik Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa. Maknanya, masih banyak kekurangan yang harus dijadikan bahan evaluasi. Sementara kelebihan yang  terjadi selama kita berdharma sepanjang tahun sebelumnya, wajib pula kita yakini sebagai karunia Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa.
          Selanjutnya, tugas kita sebagai Warga Setia Hati Terate adalah mengemban amanat budi luhur yang terbentang di depan mata, di ibaratkan sebagai pelagan dharma atau perjuangan memperkokoh eksistensi kemanusiaan, yakinlah tentang itu terbentang di depan mata. Baik tantangan yang berwujud pergeseran nilai sebagai dampak era transformasi, maupun tantangan yang lahir dari diri kita sendiri sebagai titah sak wantah (makhluk universal).

Comments

Paling Banyak Dicari

PEPACUH ATAU HAL HAL YANG DI LARANG BAGI SETIAP ANGGOTA PSHT

KENAPA PSHT PAKAI MORI SABUK KAIN KAFAN / MORI PSHT

Menguatkan Rasa Cinta Alam melalui Pendadaran Calon Warga PSHT

15 Manfaat Rahasia Ilmu Pernafasan PSHT: Menggali Kekuatan Dalam Bernafas

Membangun Persaudaraan PSHT Melalui Latihan Gabungan

LATIHAN PERNAFASAN UNTUK PENYEMBUHAN

PANDUAN DAN PEDOMAN PEMBERITAAN MEDIA SIBER ATAU ONLINE

Kisah PSHT Taman Rahayu part 4

Perjalanan Transformasi PSHT Taman Rahayu: Dari Tantangan Menuju Kesuksesan part 7

download buku materi senam jurus PSHT pdf